0
Rekan-rekan semua admin akan membahas permasalahan ataupun kendala yang di alami oleh rekan-rekan yang meelmpunyai permalasahan dalam penginstalan dapodik yang tidak berhasil , gagal registrasi menggunakan prefill, JJM bermasalah , tidak terkoneksi atau disconnected atau tidak terhubung sama database, dapodik tidak bisa dibuka dll.
Solusi dan Masalah Pada Aplikasi Dapodik 2018b
Ok langsung saja ya...

Teman : Pak kenapa dapodik saya gak bisa di instal ya pak. Setiap kali mau instal selalu terblog gak bisa install . Berhenti di tengah jalan pak. Hehe

Admin : Hemmm gitu ya kawan. Kawan jika mo install Dapodil 2018b sebaiknya saat mau instal non aktifkan jaringan internetnya atau tidak terhubung dengan internet dulu ya. Dan jangan lupa non aktifkan dulu Windows Firewallnya ya. Atau antifirus yang lainnya juga di non aktifkan terlebih dahulu ya.

Teman : Pak kenapa prefill tidak di temukan ya pak. Padahal sudah saya masukkan kedalam folder dapodiknya pak.

Admin : Ok, itu biasa Terdapat kesalahan pada nama atau kapasitas file prefilnya rendah, sebaiknya prefill itu di atas 1kb ya dan nama prefill jangan di edit atau di tambah-tambah nama file prefil tersebut yaang di dapat dari generate prefill. Taruklah file prefil di Simpan ke folder C - prefill_dapodik nya.

Teman : Mau tanya pak..
Untuk pembelajaran SD mapel PAI maksimalnya 3 jam untuk K13 dan 2 jam yg KTSP ya pak... Soalnya di dapodik saya seperti itu pembelajarannya ...
Dan sedangkan punya temen k13 4 jam dan KTSP 3 jam...

Admin : Mengatasi Masalah JJM Mapel PAI Yang Kurang 1 Jam Di Pembelajaran Pada Dapodik 2018b Jangan Menambah Melalui Jam Wajib Tambahan.

Solusinya gini :
Isikan Max Jam Yang Ada Dulu (KTSP 2 Jam / K13 3 Jam) Setelah Invalid Kosong Lakukan Singkron.Cek Kembali Pembelajaran Silahkan Edit Kembali JJM Mapel Agama Sesuai Kurikulum yang Berlaku... (KTSP 3 Jam/ K13 4 Jam) Dan  Entry kembali JADWAL pada Dapodik 2018.b


Teman : Pak, bolehkah Instal Dapodik menggunakan Registrasi Online..? Apakah tidak apa-apa pak..??

Admin : Boleh kawan, kalau tidak boleh ya tidak akan ada menu akses untuk dapat registrasi online. Jika menggunakan prefill juga tidak apa-apa kok. Yang penting file prefilnya sempurna saat mendownload dan registrasi onlinepun juga gitu.

Teman : Pak mengapa saya tidak bisa singkron ya pak dari tadi selalu gagal terus pak dan ada tulisan disconnec nya pak.

Admin : Cara Mengatasi Pastikan jika mau singkron koneksi internetnya kuat pak, dan jika tetap disconnect sebaiknya computer di cleaner atau di bersihkan dan Browsernya di Cleaner history nya. Setelah itu coba Login Aplikadi Dapodik 208b lagi pak.

Teman : Pak kenapa saat saya registrasi Dapodik 2018b lama ya pak proses nya. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya berhasil. Dan Kenapa Dapodik saya lama lodingnya tidak bisa dibuka pak.?? Apa karena saat registrasi dapodik yang lama itu ya pak penyebabnya dapodik tidak bisa dibuka pak..?

Admin : Klo masalah lama apa tidak nya saat proses Registrasi itu tergantung Koneksi internetnya kawan hehehe. Jika koneksi internetnya sangat lemah. Otulah yang akan terjadi. Kalau yang proses membuka aplikasinya lama sebaiknya disconnected kan dulu akses internetnya dan Clear history pada Brosernya. Dan Login kembali Aplikasi Dapodiknya.

Posting Komentar

 
Top